Untuk Info Training, in House Training, Konsultansi, Membangun Sistem (Manajemen, Caharacter Building, Mindset Motivator, ISPO, ISO Series, OHSAS, SMK3), Kajian, Pendampingan serta Modul untuk Perbaikan dan Peningkatan Kinerja unit di Perusahaan silahkan kirim email alamat berikut: trainingperkebunan@gmail.com

Usaha vs Hasil

>> Jumat, 10 April 2015

Usaha merupakan proses yang dilakukan dalam pencapaian tujuan individu, kelompok ataupun organisasi. Usaha memiliki tahapan-tahapan pelaksanan mulai dari penetapan tujuan, sasaran serta perencanaan.  Demi sebuah cita-cita dan keinginan seseorang pasti akan berusaha seoptimal mungkin dengan menggunakan semua sumber daya yang dimilikinya. Usaha terkadang berhasil terkadang juga belm berhasil. Pemaknaan dengan hasil ini sejalan dengan sejauh mana kemampuan seseorang untuk bisa menyikapi hasil. Ekspektasi yang tingi terhadap hasil tapi usaha yang dilakukan sangat minimalis akan membuat kekecewaan, saha yang dilakukan sangat minimalis dan hasil yang tinggi membuat orang merasa beruntung atau sebaliknya.

Penyikapan terhadap hasi sanagtlah perlu diperhatikan karena ini sangat berpengaruh kepada aspek psikologis  dan memiliki dampak yang luar biasa dikehidupan. Hasil bole berbeda dengan harapan tapi tidak boleh berhenti berusaha dan berharap. Jika mau melihat lebih jauh hasil merupakan perhitungan usaha yang dilakukan baik bersifat kuantitas maupun kualitas. Penjumlahan dari kualitas dan kuantitas usaha ini merupakan indikator keberhasilan. Apabila ini disadari maka yang berusaha akan lebih ikhlas menerima. Akan tetapi karena keterbatasan seorang manusia dalam menyikapi hasil dari usaha dan dampak yang penyikapan dari hasil maka perlu satu formula baru yang dicamkan dalam diri untuk memaknai hasil.

Formula sederhana ini adalah "Berusaha semaksimal mungkin dan biarkan Allah swt yang menentukan hasilnya"

Formula ini akan memberikan efek positif bagi yang berusaha. Keihklasan dan kesabaran akan menghiasi keindahan kehidupan. Karena dengan berusaha semaksimal mungkin dan menerima hasil yang terbaik yang diberikan akan membawa kedamaian serta keinginan untuk terus melakukan perbaikan.

Back to TOP